HOME
Home » Uncategorized » Apa itu Implementasi? Tujuan dan Contoh Penerapannya

Apa itu Implementasi? Tujuan dan Contoh Penerapannya

Posted at February 9th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin sering mendengar orang mengatakan implementasi. Jadi, sudahkah Anda mengetahui apa itu implementasi?

Bagi berapa orang yang penasaran, pasti akan mencari tahu apa itu implementasi, minimal melalui KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Arti Implementasi berdasarkan KBBI ialah pelaksanaan, penerapan. Contoh kalimatnya misalnya pertemuan kedua ini bermaksud mencari bentuk implementasi tentang hal yang disepakati dulu.

Penerapan Implementasi

Implementasi ialah kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan dan mengacu kepada aturan tertentu untuk mencapai tujuan suatu kegiatan. Intinya, implementasi dapat dilakukan bila sudah terdapat rencana atau konsep acara yang hendak dilakukan.

Baca Juga:
Apa itu Insecure dan Efek Positifnya Bagi Kita

Hasil implementasi dari rencana tersebut diharapkan mencapai tujuan secara maksimal dan tidak mengecewakan orang-orang yang sudah menantikannya.

Akhirnya, proses pelaksanaan implementasi menitikberatkan pada sistem atau mekanisme perencanaan.

Tujuan Implementasi

Tujuan dari implementasi adalah untuk menerapkan dan mewujudkan rencana yang telah disusun menjadi bentuk nyata. Hal itu karena dalam menyusun suatu rencana disusun pula tujuan-tujuan yang akan dicapai. Dengan demikian, implementasi secara praktis bisa dikatakan sebagai cara untuk mencapai tujuan-tujuan terkait.

Di samping itu, tujuan implementasi secara teknis juga berarti menguji penerapan kebijakan yang tertuang dalam rencana-rencana yang telah disusun.

Baca Juga:
Apa itu Ekonomi Syariah? Ini Prinsip, Karakteristik dan Tujuannya

Implementasi dijalankan guna mengetahui sejauh mana dampak dan manfaat yang diperoleh masyarakat di masa depan dari rencana-rencana yang sedang dijalankan.