HOME
Home » Uncategorized » AS Kirim Kapal Induk, China Malah Akan Gelar Latihan Militer di LCS

AS Kirim Kapal Induk, China Malah Akan Gelar Latihan Militer di LCS

Posted at January 26th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau
TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – China  akan melakukan latihan militer di Laut China Selatan minggu ini, hanya beberapa hari setelah Beijing tidak lama berselang dari masuknya sekelompok kapal induk Amerika Serikat (AS) ke perairan yang bersengketa.
Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Lembaga Keselamatan Maritim negara itu melarang masuk ke sebagian perairan di Teluk Tonkin, di sebelah barat Semenanjung Leizhou di China barat daya dari 27 Januari hingga 30 Januari.
Namun sayang China tidak memberitahukan kapan persisnya latihan militer itu akan berlangsung atau pada skala apa.
Baca juga: Armada Kapal Induk AS Tiba, Militer China Gelar Latihan Tempur di Guangdong
Sekelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt memasuki Laut China Selatan pada Sabtu akhir pekan lalu untuk mempromosikan “kebebasan laut,” kata militer AS, beberapa hari setelah Joe Biden memulai masa jabatannya sebagai presiden.
Perairan yang diperebutkan telah menjadi titik ketegangan dalam hubungan bilateral yang semakin panas antara Beijing dan Washington.
Militer AS terus meningkatkan aktivitasnya di Laut China Selatan, dalam beberapa tahun terakhir karena China menegaskan klaim teritorialnya di daerah yang bertentangan dengan wilayah negara-negara tetangga termasuk Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei dan Taiwan.
Pengumuman latihan militer di Teluk Tonkin, tepat di timur Vietnam, muncul ketika negara Asia Tenggara itu membuka kongres Partai Komunis utama di Hanoi.
Baca juga: Sejumlah Kapal Induk AS Masuk Laut China Selatan di Tengah Ketegangan China-Taiwan
China pada Senin (25/1/2021) mengeluhkan Amerika Serikat sering mengirim pesawat dan kapal ke Laut China Selatan—jalur perdagangan bernilai triliunan dolar setiap tahun. China  mengatakan tindakan seperti itu tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.
Kapal Induk AS Masuk Laut China Selatan

Tags :