HOME
Home » Uncategorized » Cara Agar Wifi Aman dari Pembobol

Cara Agar Wifi Aman dari Pembobol

Posted at February 8th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Ternyata WiFi bisa dibobol, karena para pencuri sinyal WiFi ini bisa menyadap dan meretas password kamu. Mereka bisa saja dengan mudah melakukan hal tersebut karena sistem keamanan WiFi Anda lemah.

Apa akibatnya dari pembobolan WiFi? Pembobolan WiFi bisa menyebabkan internet Anda menjadi lambat, dan bahkan kuota akan cepat habis. Tindakan yang paling berbahaya adalah apabila pencuri sinyal WiFi terlalu pintar, di mana mereka bisa menyadap data-data pribadi Anda.

Segera atasi hal tersebut dengan cara WiFi aman dari pembobol berikut ini. 

Cara WiFi Aman dari Pembobol

Baca Juga:
Cara Hapus Aplikasi di Laptop dengan Mudah dan Tanpa Ribet

Langkah pertama, masuklah ke halaman setting WiFi agar tidak bisa dibobol maling. Setiap vendor perusahaan jaringan WiFi biasanya memiliki cara yang berbeda-beda. Contohnya pada WiFi merk TP-Link, Anda hanya perlu mengetik deretan angka ini “192.168.1.1” atau ketik “tplinkWiFi.net” pada halaman browser. Kemudian masukkan nama pengguna dan password yang Anda pakai.Setelah masuk pada halaman utama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengganti password bawaan pada WiFi Anda. Cara WiFi aman dari pembobol adalah membuat password yang unik dan sulit. Cara WiFi aman dari pembobol selanjutnya adalah dengan menerapkan beberapa metode enkripsi. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel, seperti WEP, WPA, dan WPA2. Tipe enkripsi WPA2 cukup sulit untuk dibobol oleh orang asing.Selanjutnya, matikanlah fitur WPS agar tingkat keamanan WiFi di rumah Anda lebih terjaga. Mengubah nama SSID juga menjadi alternatif cara WiFi aman dari pembobol. Ini ide yang bagus agar Anda mengetahui nama jaringan WiFi Anda sendiri dan dapat mengetahui apabila ada orang lain yang tersambung pada WiFi milik Anda. Cara ampuh selanjutnya agar WiFi tidak dibobol maling yaitu, filter alamat MAC. MAC address bermanfaat untuk mendaftarkan pada perangkat router Anda agar perangkat lain yang tidak terdaftar tidak bisa tersambung dengan router milik Anda. Dengan begitu, orang yang pernah mencoba atau sudah membobol WiFi Anda tidak bisa lagi mencuri sinyal pada modem yang Anda miliki.Selain beberapa cara WiFi aman dari pembobol di atas yang bisa Anda lakukan, Anda juga bisa install aplikasi Block WiFi Freeloader. Penggunaan aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin repot. Anda dapat mengunduhnya di Google PlayStore.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama