HOME
Home » Uncategorized » Cara Daftar Akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id

Cara Daftar Akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id

Posted at January 17th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Bagaimana cara daftar akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id? Mari simak bersama cara registrasi akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id

Calon mahasiswa wajib mendaftarkan diri dan memiliki akun pada situs ltmpt.ac.id

Proses pendaftaran calon mahasiswa baru saat ini sudah semakin canggih. Untuk Anda yang ingin mendaftar, atau memiliki anggota keluarga yang akan mendaftar, tentu harus paham benar hal ini. Penggunaan situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, bisa diakses pada ltmpt.ac.id, menjadi langkah awal yang wajib dilakukan oleh semua calon mahasiswa untuk penerimaan mahasiswa baru periode tahun 2021.

Calon mahasiswa wajib mendaftarkan diri dan memiliki akun pada situs ltmpt.ac.id tersebut untuk digunakan sebagai persyaratan administrasi mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021. Pendaftaran akun LTMPT ini bisa dilakukan mulai dari 4 Januari 2021 lalu hingga 1 Februari 2021 mendatang.

Baca Juga:
Cara Daftar dtks.kemensos.go.id KIS untuk Mencairkan Bansos Tunai

Cara Daftar Akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id

Untuk membantu memahami prosesnya, Anda bisa lihat penjelasan di  bawah ini.

Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id/ dan pilih ‘Daftar di sini’.Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Setelah selesai, klik ‘Selanjutnya’.Masukkan alamat email yang masih aktif dan password yang diinginkan. Klik ‘Daftar’.Setelah selesai akan muncul pemberitahuan atau notifikasi untuk aktivasi akun. Anda tinggal masuk ke email yang Anda miliki dan melakukan verifikasi akun. Periksa di bagian inbox atau spam.Setelah aktif, masuk ke laman http://portal.ltmpt.ac.id/ dengan menggunakan email dan password yang sudah dibuat sebelumnya.Anda masuk ke dashboard portal LTMPT, pilih menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa’ (VERVAL).Pastikan setiap data yang tertera pada halaman tersebut benar. Isikan NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan kolom lain yang masih kosong. Sekali lagi pastikan data yang ada di halaman atau formulir tersebut benar, lalu akhiri dengan klik ‘Perbarui Data’.Klik ‘Selanjutnya’, dan Anda akan masuk ke laman verifikasi riwayat sekolah.Pastikan data pada laman tersebut sudah benar (jika salah bisa langsung dikoreksi), lanjutkan dengan klik ‘Perbarui Data’.Lanjutkan dengan klik ‘Selanjutnya’, dan unggah pas foto terbaru sesuai dengan ketentuan yang ada pada formulir/halaman tersebut. Periksa kembali semua data yang sudah dimasukkan dan pastikan semuanya benar. lanjutkan dengan klik ‘Simpan Permanen’.Unduh formulir dan data tersebut, dan simpan berkas fisik hasil unduhan.Proses selesai, kini Anda sudah terdaftar secara resmi pada situs ltmpt.ac.id dan bisa mengikuti proses selanjutnya dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.Cukup jelas bukan prosedur yang tadi Anda simak? Sekali lagi, pastikan data yang Anda masukkan sudah benar sebelum mengakhiri proses dengan klik ‘Simpan Permanen’, sebab setelah disimpan data tersebut tidak dapat diubah lagi.

Jadwal SNMPTN 2021

Selain prosedur pendaftaran dan pembuatan akun di ltmpt.ac.id, Anda juga wajib mengetahui jadwal lengkap SNMPTN periode 2021 ini.

Baca Juga:
Cara Akses PDSS SNMPTN 2021 di Portal LTMPT, Mudah!

Tanggal 4 Januari 2021, peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru.Tanggal 4 Januari 2021 sampai 1 Februari 2021, registrasi dan pembuatan akun LTMPT.Tanggal 4 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021, penetapan  status calon mahasiswa yang memenuhi syarat oleh sekolah.Tanggal 11 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021, jadwal pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).Tanggal 15 Februari 2021 sampai 24 Februari 2021, pendaftaran SNMPTN periode 2021.Tanggal 22 Maret 2021, pengumuman hasil SNMPTN periode 2021.Setelah dinyatakan lulus, Anda bisa memeriksa laman resmi PTN penerima untuk tanggal daftar ulang.Semoga Anda yang berusaha masuk PTN favorit tahun ini bisa mendapatkan yang terbaik. Itulah cara daftar akun LTMPT SNMPTN di ltmpt.ac.id

Kontributor : I Made Rendika Ardian