HOME
Home » Uncategorized » Cari Dana Belanja Modal, Pertamina Terbitkan Obligasi Global Rp 26,6 T

Cari Dana Belanja Modal, Pertamina Terbitkan Obligasi Global Rp 26,6 T

Posted at February 9th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – PT Pertamina (Persero) telah menerbitkan surat utang atau obligasi global sebesar USD 1,9 miliar atau sekitar Rp 26,6 triliun, dengan kurs Rp 14.000 per USD 1.

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini mengatakan, dana yang didapatkan dari penerbitan obligasi itu digunakan sebagai belanja modal.

Pada tahun 2021, Pertamina menyiapkan dana investasi sebesar USD 10,7 miliar. Dana ini lebih tinggi dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Adapun dana tersebut digunakan untuk sektor atau bisnis hulu, membangun kilang BBM, pabrik petrokimia, dan lainya.

Baca Juga:
Klaim Jumlah Penduduk Meningkat, Pertamina Tambah Impor LPG Tahun 2021

“Rabu lalu kami terbitkan USD 1,9 miliar yang terdiri dari USD 1 miliar untuk tenor 5 tahun di 1,4 persen kuponnya. Kemudian sisanya, USD 900 miliar tenor 10 tahun di 2,3 persen,” ujar Emma dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Selasa (9/2/2021).

“Dua-duanya inside the curve. Jadi bagus pricing-nya jadi ini just in time. Jadi sekarang yield sudah mulai bergerak naik lagi. Rating masih sama dengan sovereign BBB,” tambahnya.

Emma menuturkan, obligasi global yang diterbitkan perseroan berbeda dari sebelumnya. Ia menjelaskan, obligasi global ini memiliki tenor yang pendek.

“Kami pilih yang pendek tenornya, ini juga untuk lowering cost of date. Jadi kemarin-kemarin tenornya panjang-panjang, dengan tenor panjang tentunya kupon juga akan semakin menekan,” jelas Emma.

Baca Juga:
Pertamina Rugi Rp 11 Triliun di Semester I 2020 Imbas Pandemi