HOME
Home » Uncategorized » Doa saat Merasa Takut

Doa saat Merasa Takut

Posted at January 14th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Sewajarnya manusia, kita pasti pernah merasakan ketakutan akan banyak hal. Mulai dari takut dengan manusia, takut dengan hal-hal yang belum terjadi, hingga takut dengan hal-hal gaib. Maka dari itu bacalah doa saat merasa takut seperti yang dianjurkan dalam ajaran Islam berikut ini.

Rasa takut bisa muncul kapan saja tak mengenal situasi, waktu maupun tempat. Setiap orang tentu memiliki rasa takutnya masing-masing. Bahkan Rasulullah SAW pun juga pernah merasakan ketakutan, yakni ketika beliau mendapat perintah dari Allah untuk menjadi pemimpin dan menngembang amanah untuk menyempurnakan peradaban manusia.

Contohnya, ketika Rasulullah SAW mendapatkan wahyu dari Allah untuk pertama kali, tubuhnya bergetar saat mengetahui bahwa malaikat Jibril memerintahkannya untuk membaca (iqra’). Lalu, bagaimana Rasulullah mengatasi rasa takutnya?

Jika Anda adalah seorang muslim, maka rasa takut ini bisa diatasi dengan melantunkan doa khusus. Berikut ini doa saat merasa takut. 

Baca Juga:
Doa Agar Hati Tenang, Mengatasi Gelisah

“Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku menjadikan Engkau di leher mereka (agar kekuatan pada orang jahat itu tidak berdaya saat berhadapan dengan kami) dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasai, Baihaqi, Hakim, dll, dari Abu Musa Al-Asy’ari).

Saat merasa takut tentu perasaan gelisah dan risau juga menyelimuti hati serta pikiran. Hal ini akan membuat perasaan tidak nyaman dan memengaruhi kondisi tubuh lainnya. Melansir dari website resmi NU, jika seorang muslim mengalami hati yang risau dan gelisah maka dianjurkan untuk membaca doa riwayat Ibu Sinni berikut ini: 

A‘dzu bi kalimtillhit tmmti min ghadhabih, wa ‘iqbih, wa syarri ‘ibdih, wa min hamaztis syaythni wa an yahdhurn.

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

Baca Juga:
Kocak! Aksi Dokter Takut Disuntik, Ibunya Sampai Turun Tangan

Itulah kumpulan doa saat merasa takut, gelisah, dan risau dalam hati. Bacalah doa-doa tersebut setiap kali merasakan ketidaknyamanan dalam pikiran, hati dan jiwa. Selain itu, Anda juga bisa berdzikir dan berdoa untuk meminta perlindungan dari Allah ketika dilanda kesulitan atau masalah dalam hidup.