HOME
Home » Uncategorized » Ini 4 Pesan Jokowi untuk Bank Syariah Indonesia

Ini 4 Pesan Jokowi untuk Bank Syariah Indonesia

Posted at February 2nd, 2021 | Categorised in Uncategorized




Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan empat pesannya kepada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk yang baru saja diresmikan pada 1 Februari 2021.
Ia menegaskan bahwa BSI yang merupakan bank hasil penggabungan (merger) Bank BRISyariah, Bank BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri akan berfungsi sebagai bank ‘rahmatan lil alamin’ atau rahmat bagi seluruh umat.
“Sebagai bagian dari bukti bahwa islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin. Untuk itu, saya menyampaikan beberapa pesan,” ujar Jokowi, saat meresmikan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2021).
BSI diharapkan menjadi bank yang universal dan tidak hanya menjangkau nasabah muslim, namun seluruh masyarakat Indonesia.
Baca juga: BLT Subsidi Gaji Rp 5 Juta Disetop, Program Bantuan Lainnya Tetap Berlanjut
“Yang pertama, Bank Syariah Indonesia harus benar-benar menjadi bank syariah yang universal artinya harus terbuka, harus inklusif, harus menyambut baik siapapun yang ingin menjadi nasabah, agar menjangkau lebih banyak masyarakat di tanah air,” kata Jokowi.
Jokowi kembali menekankan, BSI harus menyambut baik seluruh masyarakat yang ingin menjadi nasabahnya, tanpa melihat agama tertentu.
“Jadi jangan berpikir Bank Syariah Indonesia ini hanya untuk umat muslim saja, yang non muslim pun harus diterima dan disambut baik jadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Semua yang mau bertransaksi atau berinvestasi secara syariah harus disambut sebaik-baiknya,” jelas Jokowi.
Baca juga: Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri, Bagaimana Posisi Sekretaris Jenderal PP PBSI?
Kemudian yang kedua, kata dia, Bank Syariah Indonesia harus bisa menmaksimalkan penggunaan teknologi digital agar masyarakat di pelosok pun bisa mengakses layanan perbankan.
“Digitalisasi ini wajib, agar bisa menjangkau mereka yang selama ini belum terjangkau oleh layanan perbankan,” papar Jokowi.

Tags :