HOME
Home » Uncategorized » Pakai Helm dengan Sistem DD RING atau Microlock, Mana Lebih Aman?

Pakai Helm dengan Sistem DD RING atau Microlock, Mana Lebih Aman?

Posted at February 6th, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Selain desain dan kualitas, sistem pengunci pada helmĀ  saat ini juga mulai menjadi perhatian bagi para pengguna kendaraan roda dua.

Pasalnya pengunci helm memiliki fungsi penting untuk menjaga pengaman itu tidak terlepas ketika terjadi kecelakaan.

Dari beberapa jenis sistem pengunci helm motor yang beredar di Indonesia, setidaknya jenis Microlock dan Double D Ring atau DD Ring menjadi yang paling banyak digunakan khususnya untuk tipe helm full face.

Tapi bagaimana untuk urusan safety ketika jenis pengunci helm ini dipakai untuk harian. Technical Director NHK Indonesia, Johanes Cokrodiharjo mengatakan, pada dasarnya penggunaan helm itu harus pas sehingga tidak goyang dan tidak kendor saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga:
Ini Cara Membersihkan Kaca Helm Agar Tidak Buram

Ilustrasi helm. (Pixabay/LUM3N)”Keduanya sama safetynya, yang penting dia harus kencang ke dagu. Jadi pada prinsipnya jika keduanya dipakai dengan benar semua sama-sama safety,” kata Johanes saat berbincang dengan Suara.com.

Lebih lanjut, Ia mencontohkan, penggunaan helm ini sama seperti pakai sabuk pengaman di mobil. Sabuk pengaman saat dipasang dia pas sehingga pengendara juga lebih safety.

Namun demikian masing-masing punya kelebihan. Jenis Double D Ring kalau sudah mengunci semakin ditarik dia semakin kencang. Tapi perlu dikunci lagi ke atas sampai klik.

Kalau Microlock memang dia sistem klik. Tapi dengan teknologi sekarang yang semakin baik dan simple safety nya juga sama. Walaupun dulu memang kendalanya mudah patah.

“Sekarang sudah dilakukan dengan berbagai uji coba, model microlock juga sama safetynya. Dari perspektif harian itu sama-sama aman,” terang Johanes.

Baca Juga:
Pentingnya Keselamatan Berkendara, Ganjar Pranowo Tanda Tangani Helm