HOME
Home » Uncategorized » Rencana Menkes Gunakan Data KPU untuk Distribusi Vaksin Dinilai Satgas Covid-19 Sudah Tepat

Rencana Menkes Gunakan Data KPU untuk Distribusi Vaksin Dinilai Satgas Covid-19 Sudah Tepat

Posted at February 1st, 2021 | Categorised in Uncategorized




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menilai rencana Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memakai data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk distribusi vaksin bagi masyarakat sudah tepat
Hal itu disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B Harmadi dalam sebuah wawancara dengan radio nasional pada Senin (1/2/2021).
Baca juga: Hari Ini Bioskop di Kota Tegal Mulai Beroperasi, 12 Poin Wajib Diterapkan Bioskop
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu mengatakan penggunaan data yang update dari KPU usai penyelenggaraan Pilkada Serentak akan sangat membantu vaksinasi nasional.
Apalagi mengingat upaya vaksinasi akan dilakukan kepada warga berusia 18 tahun ke atas, dan data yang sudah tersedia di KPU juga penduduk berusia 17 tahun keatas.
“Penggunaan data yang update dari KPU bagus, apalagi Indonesia baru selesai Pilkada, pemilih juga berusia 17 tahun ke atas, karena vaksin kan untuk 18 tahun ke atas, sehingga ini akan sangat membantu,” kata Sonny Harry saat diwawancara radio El Shinta, Senin (1/2/2021).
Baca juga: Penanganan Covid-19 di Pedesaan: Semua Bergotong-royong Memutus Rantai Penularan
Baca juga: Memampukan Rumah Sakit dan Nakes Merawat Pasien Covid-19
Data yang ada di KPU tersebut juga disebutnya telah terintegrasi secara otomatis dengan data di dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil).
Hanya saja yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah yakni soal distribusi logistik, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan.
Sehingga butuh prosedur yang tepat untuk mendistribusikannya ke sejumlah daerah.
“Data KPU sudah terintegrasi dengan Dukcapil, menurut saya itu baik. PR kita yaitu soal pendistribusian vaksin, karena negara kita yang kepulauan,” ujarnya.

Tags :