HOME
Home » Uncategorized » Ternyata Orgasme Saat Menstuasi Bisa Atasi PMS, Begini Penjelasannya

Ternyata Orgasme Saat Menstuasi Bisa Atasi PMS, Begini Penjelasannya

Posted at February 2nd, 2021 | Categorised in Uncategorized




Suara.com – Selama ini berhubungan seksual selama menstruasi bagi sebagian orang mungkin adalah suatu hal yang menjijikkan. Terlepas juga ada risiko yang mungkin terjadi.

Tapi, berhubungan seksual, atau bahkan masturbasi saat menstruasi ternyata memiliki keiistimewaan tersendiri.

Faktanya, bersamaan dengan kram menstruasi, orgasme selama menstruasi juga dapat membantu Anda meredakan masalah PMS lainnya seperti stres, sakit kepala, sakit punggung, dan suasana hati yang sering berubah.

Dilansir dari Healthshot, hal itu terjadi karena tiga hormon yang disekresikan oleh tubuh saat orgasme – serotonin, oksitosin, dan dopamin.

Baca Juga:
Kelewat Bergairah Setubuhi PKS, Pria Ini Tewas Usai Orgasme

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)Dokter obgyn Dr Aruna Kalra menjelaskan bagaimana orgasme bekerja pada kram menstruasi. Saat mengalami orgasme, tubuh kita melepaskan bahan kimia seperti oksitosin dan dopamin yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit, dan membantu kita mengatasi kram menstruasi.

Saat orgasme, darah mengalir ke rahim dan membantu meredakan kram. Ini juga membantu kita menghilangkan stres dan bahkan melepaskan endorfin dalam tubuh, sehingga meningkatkan relaksasi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Endorfin diproduksi oleh kelenjar hipofisis dan sistem saraf, dan membantu meredakan kram menstruasi. Mereka berinteraksi dengan reseptor opiat di otak kita yang meningkatkan ambang nyeri kita, dan mengurangi persepsi kita tentang nyeri. Endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh kita.

‚ÄúSerotonin dan dopamin adalah hormon peningkat suasana hati, yang dilepaskan saat mengalami orgasme. Ini efektif dalam menyembuhkan kram menstruasi,” kata Dr Kalra dari CK Birla Hospital.

Ia menjelaskan, saat mengalami orgasme, aliran darah meningkat dan toleransi rasa sakit meningkat, sehingga pada akhirnya membuat kita merasa bahagia, rileks, hangat, dan mengantuk.

Baca Juga:
Menurut Pakar, Hubungan Seks Bisa Redakan Nyeri Menstruasi

Banyak perempuan mengeluh tentang pola tidur mereka yang terganggu selama siklus menstruasi, tetapi berhubungan seks atau masturbasi selama menstruasi juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.